Peringkat 10 Besar Sitasi Prodi Sejarah di Indonesia

Advertisement

Peringkat 10 Besar Sitasi Prodi Sejarah di Indonesia

Beranda Desa
Tuesday, 10 March 2020

Sciente and Technology Index Kementrian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional  (Sinta-Ristekbrin), selama lima tahun belakang melakukan penilaian terhadap Sitasi seluruh program studi di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.



Sementara pada departemen Pendidikan Sejarah, Sinta (http://sinta.ristekbrin.go.id/), sekurangnya telah menilai sebanyak 85 Program studi S-1 Pendidikan Sejarah di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Hasilnya, 10 (sepuluh) besar program studi yang masuk peringkat Sitasi itu ialah sebagai berikut:
  1. Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakara
  2. Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang
  3. Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala
  5. Pendidikan Sejarah Universitas Mahasaraswati Denpasar
  6. Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro
  7. Pendidikan Sejarah STKIP Hatta Sjahrir
  8. Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung
  9. Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha
  10. Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara
Dilansir idtesis.com Sitasi adalah daftar pustaka dari sejumlah dokumen yang dirujuk atau yang dikutip oleh sebuah dokumen dan setiap daftar pustaka dokumen tersebut dimuat dalam bibliografi dokumen yang mengutip, yang secara khusus mengkaji pengarang dan karya-karya lain. 

Bisa juga didefinisikan untuk  menunjukkan asal-usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan atau menyalin atau mengulang pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap mengindikasikan bahwa kutipan tersebut itu adalah pernyataan orang lain. 

Artinya, sepuluh Program Studi Pendidikan Sejarah yang disebutkan di atas yang juga masing-masing memiliki jurnal ilmiah, selama kurun waktu lima tahun ke belakang termasuk yang paling banyak menjadi rujukan oleh para akademisi dalam mencari sumber referensi guna menyusun penelitian atau karya ilmiahnya.

Terkait hal ini, seorang Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung memberikan komentar terhadap lembaganya yang berada di peringkat ke enam.

“Ini hasil penilaian Sitasi selama 5 tahun terakhir di Sinta dan alhamdulillah Pendidikan Sejarah UM Metro mendapat peringkat ke 6 dari 85 Prodi di PT Se-Indonesia,” ungkap Kuswono selaku Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah UM Metro.