Cegah Corona, Sejumlah Kampus di Lampung Berlakukan Pembelajaran Daring

Advertisement

Cegah Corona, Sejumlah Kampus di Lampung Berlakukan Pembelajaran Daring

Beranda Desa
Tuesday, 17 March 2020

Merespon penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang semakin meluas ke berbagai daerah di Indonesia dan sebagai upaya memutus rantai penyebarannya beberapa kampus yang beroperasi di Lampung mulai memberlakukan pembelajaran online (Daring).

Kebijakan ini dipercaya akan menurunkan penularan Virus Corona yang disebabkan oleh kontak antara si penderita dengan orang lain di sekitarnya (Sosial Distancing).


Foto: Kompas.com

Universitas Lampung


Sejak Minggu (15/03/2020) Unila telah membahas rencana meminimalkan penyebaran virus Corona atau Covid-19 tersebut. Bahkan semua kegiatan yang melibatkan banyak orang mengalami penundaan sejak 16 hingga 28 Maret 2019.

Dilansir teknokra.com “Di GSG tidak ada lagi kegiatan selama dua minggu kedepan, kolam renang, kemudian seluruh kegiatan mahasiswa ditunda, aktivitas seperti seminar nasional dan sebagainya tidak diperbolehkan atau ditunda. Finger print ditutup selama dua minggu, nantinya setiap unit kerja akan mengeluarkan daftar hadir secara manual,” kata Juru Bicara Rektor Unila, Nanang Treanggoni dalam konferensi pers di Ruang Pers Room Rektorat Unila (16/3).

Nanang juga mengatakan pengukuhan guru besar yang akan dilaksanakan pada 18 Maret 2020 dan wisuda pada 21 Maret 2020 akan mengalami penundaan.


Universitas Muhammadiyah Metro


Melalui surat edaran Nomor: 0322/II.3.AU/F/EDR/UMM/2020, Rektor UM Metro mengeluarkan pemberitahuan terkait Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro.

Dalam edaran itu juga memuat tentang pelaksanaan sistem Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) atau sistem perkuliahan dalam jaringan (Daring).

Rektor UM Metro, Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd., meminta seluruh sivitas akademika untuk tetap tenang, dan memperhatikan himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pencegahan penyebaran Virus Corona. 

Seperti yang ia sebutkan, semua dosen, karyawan dan sivitas akademika UM Metro untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, dan menghindari kerumuman, termasuk menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Ia juga mengimbau agar proses perkuliahan melalui online mulai diberlakukan selama empat belas hari ke depan, terhitung sejak Selasa, 17 Maret 2020 s.d. 30 Maret 2020.

“Bagi dosen dan karyawan UM Metro untuk sementara waktu bekerja di rumah masing-masing terhitung mulai hari Rabu, 13 Maret 2020 s.d. 30 Maret 2020,” tukasnya.


Universitas Teknokrat Indonesia


Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, mengeluarkan kebijakan dengan meliburkan perkuliahan tatap muka diganti perkuliahan dalam jaringan (online). 

Kebijakan meliburkan perkuliahan tatap muka itu dikeluarkan oleh Rektor Universitas Teknokrat Indonesia melalui surat edaran Nomor : 001/UTI/B.18/III/2020 , tertanggal 15 Maret 2020 yang ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Teknokrat.

Enam poin yang menjadi perhatian Teknokrat dalam pencegahan ini berupa; mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara online, Bimbingan Tugas Akhir/Skripsi secara online, Praktik Kerja Lapangan dan Kegiatan Kemahasiswaan untuk sementara waktu ditiadakan hingga batas waktu 1 April 2020.


Universitas Muhammadiyah Pringsewu


Merujuk kepada surat edaran Mendikbud, LLDikti Wilayah 2 dan surat edaran Gubernur Lampung tentang antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi infeksi corona virus disease (COVID 19), Surat Maklumat PP Muhammadiyah, dan Hasil Rapat Pimpinan Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung tanggal 16 Maret 2020, tentang pencegahan dan penularan Covid 19.

Maka UMPRI memutuskan untuk kegiatan belajar mengajar diselenggarakan secara daring (online) sesuai dengan jadwal kuliah (share materi, buka ruanh tanya jawab, beri tugas, dan tugas kumpul melalui email sebagai bukti daftar hadir mahasiswa.



Source: Dikutip dari berbagai sumber website perguruan tinggi terkait.