Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Advertisement

Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Beranda Desa
Monday, 24 February 2020

Sobat Beranda Desa, musim penghujan di Indonesia diperkirakan akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. BMKG menyebut hingga bulan Juni 2020, mendatang, hujan masih akan mengguyur lahan pertanian milik para petani diberbagai daerah di Indonesia.

Selain perlu mempersiapkan penanganan khusus akibat serangan hama yang muncul, petani juga diharapkan mampu menganalisis jenis tanaman yang cocok ditanam dimusim penghujan, terutama para petani sayuran.

Berikut Beranda Desa sajikan jenis-jenis sayuran yang cocok ditanam saat musim hujan.

  1. Bayam, Bayam adalah jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin, mineral dan zat besi.
  2. Kangkung, Kangkung adalah jenis tanaman yang tumbuh di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi, bahkan sering hidup di air.
  3. Selada, Selada adalah jenis sayuran yang sering dijadikan lalapan dan sifatnya tetap tumbuh subur meski curah hujan tinggi.
  4. Sawi, sama halnya dengan Selada, Sawi juga kerap dijadikan lalapan dan sayuran pendamping Baso atau Mie Ayam. Sawi atau yang memiliki nama latin Bransica juncea L., sifatnya tetap bisa tumbuh subur dimusim penghujan.
Dari sekian banyak jenis sayuran yang biasa dibudidaya oleh kalangan petani sayur, empat jenis sayuran di ataslah yang diperkirakan sangat cocok ditanam di musim penghujan.

Bila kita amati, keempatnya memang memiliki karakter yang mampu beradaptasi dengan intensitas air yang cukup tinggi. 

Foto: Kementrian Pertanian Republik Indonesia

Manfaat Mengkonsumsi Sayur


Sayuran sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dari konsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran telah menjelma menjadi makan pokok mayoritas masyarakat +62.

Sehingga pasokan sayuran harus selalu tersedia di pasaran baik di musim penghujan maupun kemarau.

Bila kita tinjau dari segi kesehatan, mengkonsumsi sayuran memang sangat dianjurkan karena mampu menyehatkan tubuh kita, apalagi sayuran yang bebas bahan kimia (Organik).

Sedikit dari manfaat mengkonsumsi sayuran adalah menyehatkan pencernaan karena sayuran dianggap kaya akan kandungan serat alami yang mudah dicerna oleh usus.

Mampu menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok bagi penderita darah tinggi. Menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan resiko diabetes, menyehatkan mata dan mampu melawan sel-sel kanker.