Penting! Penggunaan Dana BOS Jangan Dialihfungsikan

Advertisement

Penting! Penggunaan Dana BOS Jangan Dialihfungsikan

Beranda Desa
Thursday, 12 March 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesi nampaknya sungguh-sungguh dalam mencanangkan program Merdeka Belajar. Isu ini mencuat dalam beberapa bulan terakhir, atau ketika Mendikbud Nadiem Makarim berbicara di depan para kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia.

Terekam media, di forum itu Mendikbud sedikitnya menyampaikan empat poin kebijakannya, seperti penghapusan Ujian Nasional, Penyerdehanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang semula per satu pertemuan bisa sampai 15 lembar disederhanakan cukup 1 lembar saja.

Dua kebijakan lainnya Sekolah diberikan otonomi untuk menyelenggarakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN), sekaligus diberi keleluasaan menentukan indikator penilaian terhadap peserta didik.

Terkait zonasi, nampaknya masih diadopsi oleh Nadiem dari Mendikbud periode sebelumnya. Hanya saja, zonasi diperluas dan ini pun penentuan zonanya diberikan kepada pemerintah daerah.

Otak-atik kebijakan nampaknya tidak berhenti di situ, penyaluran dana Bantuan Oprasional Sekolah juga mengalami perombakan.

Semula penyaluran dana BOS dilimpahkan ke KAS pemerintah daerah, saat ini penggelontorannya dari Kementerian Keuangan langsung ke rekening masing-masing tingkat satuan pendidikan (sekolah).

Mekanismenya nampak ringkas, namun rasa-rasanya pihak sekolah terutama operator sekolah akan mendapat tugas tambahan untuk melakukan verifikasi data rekening yang digunakan untuk BOS serta verifikasi jumlah siswa dari setiap satuan pendidikan.

Setelah itu, pihak sekolah wajib membuat laporan penggunaan dana BOS. Sekolah juga wajib mempublikasikan penerimaan dan penggunaan dana BOS di papan informasi sekolah atau tempat lain yang mudah diakses masyarakat. Sistem ini hampir mirip dengan Dana Desa.

Berbicara pelaporan, tentu pengalokasian anggaran BOS juga harus sesuai dengan juknisnya. 

Berikut rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Dana BOS:



1. Larangan Penggunaan Dana BOS



2. Rekomendasi Pembiayaan Dana BOS pada SD, SDLB, SMP dan SMPLB


3. Rekomendasi Pembiayaan Dana BOS pada SMA


4. Rekomendasi Pembiayaan Dana BOS di SMK